dokter gigi

Atasi Sakit Gigi Bersama Doktek Gigi di SehatQ

Dokter gigi menjadi salah satu jurusan dengan program yang terpisah dari program studi kedokteran secara umum, hingga dibuat sebagai program studi khusus. Dokter spesialis gigi dikenal juga sebagai dokter bedah gigi yang ahli dalam hal spesialisasi kedokteran gigi.

Mengenal Apa Itu Dokter Gigi

Dokter gigi merupakan profesi khusus yang spesialisasinya dalam kedokteran gigi mencakup proses diagnose, tindak pencetahan pengobatan penyakit gigi hingga rongga mulut. Pekerjaan dan tugas dokter gigi akan dibantu oleh profesi lain yang juga memiliki tanggung jawab serupa.

Tim pendukung dari dokter gigi terdiri dari asisten gigi, teknisi gigi, ahli kesehatan gigi, dan terapis gigi. Tak jarang dokter gigi juga memberikan instruksi mengenai diet, flossing, menyikat gigi, penggunaan fluoride, hingga aspek lainnya dari perawatan gigi.

Di tangan dokter ahli, masalah pada gigi Anda akan tertangani dengan baik karena mereka dapat menghilangkan kerusakan gigi, memeriksa x-ray, mengisi rongga, meluruskan gigi, menempatkan pelindung plastic pada gigi anak-anak, hingga memperbaiki gigi yang patah.

Spesialisasi Dokter Gigi

Selama ini mungkin masih banyak yang menganggap bahwa dokter gigi hanyalah satu spesialisasi khusus yang menangani gigi. Faktanya, ada Sembilan bidang khusus lainnya yang masih termasuk dalam ranah tanggung jawab dokter gigi, di antaranya:

  • Ortodontis, memiliki tugas untuk meluruskan gigi dengan menggunakan kawat gigi dan peralatan lainnya dan spesialiasi ini merupakan salah satu kelompok terbesar
  • Dokter gigi anak, sesuai namanya dokter ini berfokus hanya pada kedokteran gigi untuk anak-anak serta pasien yang memiliki kebutuhan khusus
  • Maksilofasial atau ahli bedah mulut dengan tugas utamanya yang beroperasi pada rahang, mulut, gigi, leher, gusi, dan kepala
  • Periodontis memiliki tugas untuk merawat tulang yang menopang gigi dan gusinya
  • Endodontis memiliki tanggung jawab untuk melakukan terapi saluran akar
  • Prostodontis bertugas untuk mengganti gigi yang hilang menggunakan perlengkapan permanen seperti mahkota dan jembatan atau perlengkapan lain seperti gigi palsu
  • Ahli radiologi oral dan maksilofasial memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mendiagnosa penyakit di kepala dan leher dengan menggunakan alat teknologi pencitraan
  • Ahli patologi oral memiliki tugas untuk mendiagnosa berbagai jenis penyakit mulut pada pasien
  • Kesehatan masyarakat gigi untuk mempromosikan tentan kesehatan gigi yang baik sehingga penyakit gigi dapat dicegah di masyarakat

Lingkungan Kerja Dokter Spesialis Gigi

Dokter gigi pada umumnya melakukan praktek secara mandiri dengan membuka klinik sebagai bagian dari bisnisnya. Namun, ada juga beberapa dokter gigi yang memiliki mitra yang disebut dokter gigi asosiasi. Pada umumnya, dokter spesialis gigi bekerja selama 4 atau 5 hari kerja dalam seminggu.

Dokter gigi bisa menentukan jumlah jam kerja dengan sangat bervariasi sesuai kebutuhan. Namun, normalnya untuk waktu kerja yang digunakan antara 35 – 40 jam seminggu. Permasalahan gigi yang biasanya diperiksa pun beragam dan kasusnya bisa mulai dari ringan hingga berat.

Setiap kasus masih memiliki spesialisasi sendiri lagi sehingga Anda bisa menyesuaikan dan menghubungi dokter yang bisa menjawab permasalahan gigi. Permasalahan yang umum terjadi adalah gigi borong yang harus ditambal dan karang gigi yang sudah menumpuks sehingga harus dibersihkan.

Bagi Anda yang ingin menghubungi dan konsultasi dengan dokter gigi, maka bisa menghubungi dokter gigi terdekat di sekitar tempat tinggal. Disarankan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu agar terhindar dari kepadatan pasien karena masih masa pandemic sehingga harus jaga jarak.