Info SehatQ.com, 7 Obat Ini Wajib Dibawa Saat Perjalanan Jauh

obat yang perlu dibawa saat perjalanan

Memiliki rencana berlibur atau melakukan perjalanan jauh, bukan hanya menyiapkan pakaian atau juga makanan saja. Ada sejumlah obat-obatan yang juga wajib dibawa. Terlebih melakukan perjalanan bersama keluarga dan anak-anak. Setidaknya ada tujuh jenis obat-obatan SehatQ yang harus tersedia di dalam tas.

Ketujuh obat tersebut menurut direktori obat termasuk dalam obat-obatan dasar yang bisa dibeli dengan bebas, tanpa harus disertai resep dokter. Berbeda dengan obat-obatan khusus seperti obat pribadi yang berhubungan dengan penyakit atau alergi tertentu.

Obat-Obatan yang Wajib Dibawa di Perjalanan

Ketujuh obat-obatan dadar meliputi:

  • Sanmol

Sanmol tersedia dalam dua kadar yaitu Sanmol biasa dan Sanmol Forte. Perbedaannya terletak pada kadar parasetamolnya. Sanmol biasa mengandung 500 mg, sementara versi Forte mengandung 650 mg. Seperti obat-obatan parasetamol lainnya, Sanmol memiliki fungsi untuk menurunkan demam, meredakan sakit kepala, dan meredakan beragam nyeri lainnya dengan berperan sebagai analgetik.

  • ByeBye Fever

Jika Anda memiliki anak kecil, ByeBye Fever harus selalu siap sedia. Sebenarnya obat ini bisa juga digunakan oleh orang dewasa, hanya saja bagi sebagian orang, efeknya tidak begitu terasa. Obat ini berbentuk plester yang memiliki lapisan gel pendingin dan berfungsi menurunkan panas semacam alat kompres tubuh. Dingin pada gel bisa bertahan sampai 10 jam.

  • Antimo

Nah, SehatQ bila Anda sering merasa mual atau mabuk perjalanan, Antimo juga harus wajib dibawa. Tersedia Antimo untuk orang dewasa dan anak-anak. Obat ini mengandung dimenhidrinat yang membantu tubuh lebih tenang dan menciptakan rasa kantuk. Untuk anak-anak, tablet antimo memiliki variasi rasa buah-buahan.

  • New Diatabs

Obat untuk diare juga jangan lupa untuk dibawa. Kondisi-kondisi tertentu bisa mengganggu pencernaan di dalam tubuh, seperti salah makan atau mengalami kedinginan akibat terlalu lama berada di kendaraan ber-AC.

Tidak hanya itu, beberapa macam aktivitas juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami diare seperti berenang atau konsumsi makanan asam dan pedas. New Diatabs memiliki kandungan utama berupa attapulgite aktif.

  • Oralit

Untuk kembalikan cairan yang hilang akibat diare, Anda pun harus membawa Oralit yang menjadi sediaan elektrolit. Fungsinya berupa membantu terjadinya dehidrasi. Selain saat diare, Oralit juga bisa dikonsumsi setelah mengalami gejala muntah-muntah. Kandungan di dalamnya terdiri dari Na bicarbonate, CaCl2, Glucose anhydrous, dan NaCl.

  • Minyak Angin Caplang

Pastikan Anda membawa minyak angin dari Caplang yang mengandung mentol, minyak ekaliptus, dan kandungan lainnya untuk membantu meredakan masuk angin, gejala mual, sakit kepala, pegal-pegal, mabuk perjalanan, hingga mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga. Anda bisa gunakan minyak angin dari Caplang sebagai aroma terapi.

  • Betadine dan Plester

Obat-obatan yang tidak kalah penting wajib dibawa adalah betadine dan plester. Keduanya akan dibutuhkan jika terjadi kecelakaan kecil, termasuk saat Anda atau anggota keluarga tidak sengaja terjatuh saat bermain, ataupun ketika melakukan kegiatan fisik. Anda bisa siapkan pula kapas dan perban kasa steril untuk melengkapinya.

Kebutuhan obat-obatan selama perjalanan tentunya juga tergantung pada kebutuhan masing-masing orang. Anda bisa mengecek daftar obat dalam direktori obat di SehatQ.com untuk menambah lebih banyak informasi mengenai obat-obatan. Ingin konsultasi dengan dokter ahli dari rumah atau saat perjalanan? Anda juga bisa memanfaatkan fitur chat bersama dokter melalui SehatQ yang lebih praktis hanya menggunakan gadget Anda dimanapun dan kapan pun.

Tags: