Manfaat Bermain Lego untuk Anak

Lego

Lego merupakan salah satu mainan anak-anak yang banyak disukai. Saat ini sudah berkembang berbagai bentuk dan warna yang beragam, sehingga dapat dikreasikan dengan mudah. Terdapat banyak manfaat di dalamnya bagi para orang tua penting mengetahuinya.

Manfaat Bermain Lego untuk Anak

Saat ini lego sudah memiliki beragam model dan bentuk, misalnya saja rumah, mobil, tokoh kartun, dan sebagainya. Bahkan beberapa jenisnya memiliki bentuk multi fungsi, yakni bisa dirubah sesuai aturan dari produsennya, berikut beberapa diantaranya:

  1. Melatih Kerja Sama dalam Tim

Bermain lego dapat dilakukan baik sendiri maupun bersama dengan teman. Selain untuk konsentrasi juga dapat difungsikan guna melatih kehidupan sosial, berpendapat, serta bekerjasama dalam tim. Kecakapan tersebut perlu ditumbuhkan sedari kecil agar saat dewasa mudah menyesuaikan dengan lingkungan sekitar.

Kerjasama dalam tim merupakan salah satu hal yang sangat perlu ditumbuhkan tujuannya untuk menghindari sifat individualis, karena dapat berakibat buruk pada perkembangan nantinya, terutama jika suda dewasa. Anda bisa melatihnya dengan cara sederhana salah satunya bermain lego.

  1. Meningkatkan kreativitas

Lego sendiri memiliki ukuran, warna, serta bentuk yang berbeda. Saat anak memainkannya maka konsentrasinya akan terlatih sehingga dapat memahami fungsi dari masing-masing bentuknya. Selanjutnya mereka akan menyusun balok tersebut menjadi perpaduan sesuai dengan contoh atau imajinasinya.

Kreatifitas anak dapat berkembang dengan baik jika diberi stimulan baik dari dalam maupun luar. Selain itu mereka akan bebas berimajinasi ketika tidak dibatasi dalam satu bentuk sja, sehingga saat anak bermain usahakan tidak mematok bentuk yang harus dibuat.

  1. Melatih Keterampilan Memecahkan Masalah

Bermain lego bisa melatih anak untuk memecahkan masalah karena permainan ini mengharuskan mereka untuk menyusun setiap baloknya agar menjadi bentuk yang pas. Selain itu juga mengasah kemampuan untuk fokus, serta perhatian terhadap hal-hal kecil.

Saat anak berusaha memadukan blok besar dan box kecil dengan bentuk berbeda maka momen tersebut yang akan melatih keterampilan dalam memecahkan masalah. Manfaat untuk kedepannya dapat meningkatkan kecerdasan, menyusun strategi yang baik, kejelian, dan masih banyak lainnya.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi dapat diasah melalui permainan lego, yakni saat menceritakan kepada orang tuanya terkait imajinasi dari lego  yang mereka buat. Hal ini dapat membuat lebih aktif tidak cepat bosan, karena saat bisa memecahkan teka-teki atau membuat kreasi baru.

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk salah satunya pembuatan lego dengan bentuk bermacam. Ukurannya juga cenderung beragam agar dapat menyesuaikan dengan bentuk yang diadopsi.

  1. Melatih Perkembangan Motorik Halus pada Anak

Anak-anak memiliki dua motorik yakni halus dan kasar yang bisa dirangsang agar lebih dapat berkembang dengan baik sesuai usia pertumbuhannya. Salah satu permainan yang bisa Anda berikan adalah lego, pengguna bisa memilih bentuk sesuai keinginan dan ketertarikan buah hati.

Anda bisa menanyakannya terlebih dahulu atau melihat kebiasaannya untuk menentukan bentuk lego yang sesuai dengan anak. Permainan tersebut dapat untuk laki-laki dan perempuan, bahkan terdapat jenis uni sex sehingga tidak perlu kebingungan saat akan memilihnya.

Itulah beberapa manfaat dari bermain Lego untuk anak. Hal ini penting diketahui oleh para orang tua agar tidak salah memilihkan mainan buah hati. Harganya juga cenderung beragam, namun sebelumnya pastikan memilih kualitas terbaik agar aman saat digunakan.

Tags: