Penggunaan Masker Kain untuk Melindungi Diri dari Corona

Masker Kain
Masker kain kini menjadi salah satu kebutuhan pokok. Semenjak Indonesia ikut tertular virus Corona, keberadaan benda tersebut menjadi sangat laris karena dibutuhkan oleh masyarakat. Tak hanya di toko online, di sudut jalanan pun banyak menjajakan APD jenis ini.

Masker Kain Sebagai APD Berkualitas
Mengapa pemerintah menyerukan perintah untuk mengenakan bahan ini? Kain dianggap mudah ditemukan dan harga per itemnya cukup terjangkau. Apalagi materialnya sangat bervariasi, mulai katun hingga tenun sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Masker berbahan kain memiliki banyak keuntungan, salah satunya mampu menyerap keringat. Apabila menginginkan hal itu, pilihlah katun sebagai material pembuatnya. Tipe tersebut juga memberikan kenyamanan pada pengguna karena halus dan tak membuat kepanasan.

Masker kain ini pun bisa melindungi diri si pemakai dari bahayanya virus. Anda dijamin akan mendapatkan keuntungan maksimal apabila mengenakan APD berbahan keren tersebut. Selain itu, penampilan pun terlihat lebih menarik jika pengguna memilih motif trendi.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Mengenakan Masker Kain
Bicara tentang masker kain, maka Anda perlu memperhatikan berbagai hal sebelum mengenakannya. Bila mengikuti panduannya, dijamin pengguna dapat terhindar dari bahayanya virus Corona. Nah, berikut beberapa informasinya:

1. Tetap Terapkan Physical Distancing
Salah satu hal yang diwajibkan ialah menerapkan physical distancing yakni membatasi jarak dengan lainnya. Meskipun seseorang mengenakan masker, namun ia tetap wajib mematuhi protokol kesehatan. Jangan berkerumun dan batasi pergaulan demi memutus rantai penyebaran COVID-19.

Penggunaan masker saja cukup sebab seseorang diharapkan menjaga kebersihan dan jarak dengan orang lain. Untuk sementara waktu jangan bersalaman atau menyentuh orang lain. Ini demi melindungi diri dari bahayanya virus Corona.

2. Hindari Memegang Area Wajah
Tips lainnya adalah tidak memegang area wajah kecuali darurat. Apabila sedang berada di luar rumah dan mengenakan masker, jangan sekali-kali menyentuh bagian muka. Bila sangat terpaksa, maka disarankan mencucinya hingga benar-benar bersih terlebih dahulu.

Tangan yang kotor ditakutkan akan memberikan kuman pada area wajah sehingga bukan hal mustahil jika akhirnya seseorang tertular virus. Penularan Corona sangat cepat dan bisa dilakukan dari sentuhan. Oleh karena itu, pastikan menyentuh area wajah di saat benar-benar higienis.

3. Jangan Sampai Terbalik
Ketika memakai masker, maka perhatikan baik-baik dan jangan sampai terbalik. Apabila Anda terbalik memakainya, ini sangat berbahaya karena itu bisa memicu penularan virus, terutama bila APD tersebut dipakai sebelumnya.

Bila masker telah dipakai, mungkin ada virus atau kuman yang menempel di luar. Jika ini dipakai kebalik, otomatis pengguna akan langsung menghirupnya. Maka dari itu, perhatikan baik-baik dan disarankan mencucinya usai digunakan agar kebersihannya tetap terjaga.

Demikian beberapa informasi penting mengenai masker kain yang banyak diperbincangkan saat ini. Ikuti tipsnya supaya diri terlindungi dari bahayanya virus Corona.

Tags: